Blog Ini Berisi Tentang Artikel Atau Berita seputar Akuntansi

About

Saturday, 30 January 2016

CARA KERJA MYOB V19 ( LETS DO IT )


Dipost Oleh :

Ahmad Fikri Nabil

Universitas Hasyim Asy'ari ( UNHASY )

Tebuireng-Jombang



A.   MEMULAI PROGRAM MYOB
Untuk membuka aplikasi MYOB v.18 sama halnya dengan membuka aplikasi desktop pada umumnya:
o  Klik Start => Pilih Program => Pilih MYOB Accounting Plus v18
Setelah kita membuka program MYOB pada Start Menu, akan muncul tampilan seperti berikut:


Penjelasan :
Open
your company file
Menu open untuk mengaktifkan salah satu data akuntansi perusahaan yang sudah pernah anda kerjakan dan anda simpan. MYOB memungkinkan anda untuk mengendalikan sejumlah data akuntansi perusahaan. Misalkan perusahaan tersebut memiliki bisnis yang berbeda-beda (pabrikasi, eceran, distribusi dll) maka anda dapat membuat data akuntansi masing-masing secara terpisah.
Create
a new company file
Untuk membuat sebuah data akuntansi perusahaan yang baru. MYOB menyediakan template Bagan Akun (chart of account) lebih dari 100 jenis usaha. Anda dapat memilih salah satu dari bagan tersebut dan anda juga dapat memodifikasi bagan tersebut.
Explore
the sample company
Jika anda ingin mengeksplorisasi contoh data akuntansi yang disertakan pada waktu anda menginstal MYOB.
What’s New
in this version
Didalamnya terdapat berbagai informasi tambahan tentang fitur-fitur baru dan peningkatan dari versi MYOB sebelumnya.
Exit
MYOB Accounting
Jika anda ingin mengakhiri program MYOB.
B.    MEMBUAT FILE AKUNTANSI BARU PERUSAHAAN
Bagi pengguna pertama, tentunya harus disiapkan file perusahaan termasuk informasi umum akuntansi. Tahap ini sekaligus sebagai awal pengguna database dari MYOB ini. Untuk pembuatan baru file perusahaan kita ikuti berdasarkan contoh kasus berikut:
Latihan
Berikut adalah data dari sebuah perusahaan yang sebelumnya mengadakan pencatatan dengan menggunakan microsoft excel dan tidak mempunyai sistem akuntansi yang tepat.
Nama perusahaan                   :Annabil Foundation
Jenis Usaha                             : Perdagangan
Periode Akuntansi                   : Januari – Desember
Tahun berjalan                         : 2011
Bulan Penggunaan                   : Januari
1.   Dari jendela strartup (seperti gambar diatas tadi) klik CREATE, maka akan muncul kotak dialog New Company File Assisdtant. Lanjutkan dengan meilih Next.
2.    Lanjutkan proses pembuatan file data, dimana terdapat nama, alamat dan nomor telepon perusahaan yang akan anda masukan datanya.
3.  Selanjutnya klik Next. Akan muncul jendela untuk memasukkan informasi dasar akuntansi (tahun pembukuan).
a.    Current Financial Year                        : Tahun buku yang sedang berjalan
b.    Last Month of Financial Year          : Bulan tutup buku, yaitu bulan pelaporan tahunan
c.     Conversion Month                               : Bulan awal tahun buku
d.    Number of Accounting Periode      : Banyaknya periode pelaporan
Sehingga untuk kasus di atas, tampilan tersebut diisi sebagai berikut :
Current Financial Year
Last Month of Financial Year
Conversion Month
Number of Accounting Periods
2012
Desember
Januari
Threten
4.       Klik Next lagi untuk menentukan daftar akun, terdapat 3 opsi untuk menentukan daftar akun:
a.     I would to start of with one of the list provided by MYOB Accounting, artinya anda akan mengunakan akun yang sudah disediakan oleh MYOB.
b.   I would like to import a list of accounts provided by my accountant, artinya anda akan mengimpor daftar-daftar akun yang telah anda miliki atau anda buat sebelumnya dari source lain, misalnya dari Microsoft Excel.
c.       I would like to build my own account list, artinya anda ingin membuat sendiri daftar akun pada MYOB.
Untuk sementara ini kita pilih pilihan yang ketiga dan selanjutna klik Next. Akan tampil kotak dialog untuk penyimpanan. Namun secara default, ada pilihan directory C:\Program Files untuk menyimpan data anda. Namun anda dapat merubahnya sesuai denganlokasi penyimpanan yang anda inginkan, yaitu dengan memilih Charge maka akan muncul kotak dialog seperti anda ingin menyimpan sebuah file dimana anda dapat menentukan sendiri directory penyimpananya dan nama filenya.
5.  Selanjutnya klik Next. MYOB akan memproses data yang yang diimput tadi menjadi sebuah file. Pada tahap ini anda tidak dapat kembali lagi pada tahap sebelumnya karena anda sudah pernah diminta konfirmasi sebelumnya dan berarti file data yang anda buat sudah fix.
Pilihan Setup Asisstant memungkinkan MYOB menuntun anda untuk melakukan setup secara otomatis. Pilihan Command Center adalah jendela dimana kita bisa memilih modul-modul sesuai dengan jenis transaksi yang akan kita catat.
Ketika masuk ke jendela utama MYOB Accounting v.18 sehingga area kerja Para user akan mendapatkan 3 bagian utama dari jendela utama ini:
Ø modul Command Center merupakan pembagian dari kegiatan perushaan, terdiri dari 8 modul:
Accounts. Modul ini digunakan untuk mencatat Jurnal Umum dan pengelolaan buku besar hingga penyusunan chart of account.
Banking. Modul ini digunakan untuk mencatat dan mengelola setiap transaksi yang berhubungan dengan kas baik kas umum maupun kas dalam bentuk lainnya.
Sales. Modul ini digunakan untuk mencatat dan mengelola catatan setiap transaksi dalam siklus penjualan, seperti penjualan penagihan piutang dari penjualan, return penjualan dan lainnya.
Time Billing. Modul ini digunakan untuk mencatat informasi aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan penagihan untuk pegawai, pemasok atau pelanggan.
Purchases. Modul ini digunakan untuk mencatat dan mengelola catatan setiap transaksi dalam siklus pembelian, seperti pembelian, pembayaran hutang dari pembelian, retur pembelian dan lainnya.
Payroll. Modul yang digunakan untuk mengatur daftar penggajian karyawan dan transaksi-transaksi lain yang berkaitan dengan penggajian.
Inventory. Modul ini digunakan untuk mengelola persediaan seperti penyesuaian hasil stock opname, perakitan, barang dan lainnya.
Card File. Merupakan modul untuk pengelolaan pihak yang terkait dengan perusahaan seperti pelanggan, supplier, tenaga kerja dan lainnya.
Ø Command Button merupakan bagan alur transaksi dari modul Command Center. Jadi setiap modul mempunyai command button yang berbeda.
Ø Command Panel akan menampilkan hasil pengolahan dari transaksi yang telah diinput, terdiri dari To Do List (tugas rutin), Find Transaction (pencarian transaksi), Report (laporan), Analysis (analisa keuangan).
Sumber : http://anakkuliahanmasakini.blogspot.co.id

Share:

0 comments:

Post a Comment

Blogroll

Temui Saya Di Facebook

Powered by Blogger.

Blogger templates