Dipost Oleh :
Ahmad Fikri Nabil
Universitas Hasyim Asy'ari ( UNHASY )
Tebuireng-Jombang
A. MEMULAI PROGRAM MYOB
Untuk membuka aplikasi MYOB v.18
sama halnya dengan membuka aplikasi desktop pada umumnya:
o Klik
Start => Pilih Program => Pilih MYOB Accounting Plus v18
Penjelasan :
Open
your company file
|
Menu open untuk
mengaktifkan salah satu data akuntansi perusahaan yang sudah pernah anda
kerjakan dan anda simpan. MYOB memungkinkan anda untuk mengendalikan sejumlah
data akuntansi perusahaan. Misalkan perusahaan tersebut memiliki bisnis yang
berbeda-beda (pabrikasi, eceran, distribusi dll) maka anda dapat membuat data
akuntansi masing-masing secara terpisah.
|
Create
a new company file
|
Untuk membuat
sebuah data akuntansi perusahaan yang baru. MYOB menyediakan template Bagan
Akun (chart of account) lebih dari 100 jenis usaha. Anda dapat memilih salah
satu dari bagan tersebut dan anda juga dapat memodifikasi bagan tersebut.
|
Explore
the sample company
|
Jika anda ingin
mengeksplorisasi contoh data akuntansi yang disertakan pada waktu anda
menginstal MYOB.
|
What’s New
in this version
|
Didalamnya terdapat
berbagai informasi tambahan tentang fitur-fitur baru dan peningkatan dari
versi MYOB sebelumnya.
|
Exit
MYOB Accounting
|
Jika anda ingin
mengakhiri program MYOB.
|
B. MEMBUAT FILE AKUNTANSI BARU PERUSAHAAN
Bagi pengguna pertama, tentunya
harus disiapkan file perusahaan termasuk informasi umum akuntansi. Tahap ini
sekaligus sebagai awal pengguna database dari MYOB ini. Untuk pembuatan baru
file perusahaan kita ikuti berdasarkan contoh kasus berikut:
Latihan
Berikut adalah data dari sebuah
perusahaan yang sebelumnya mengadakan pencatatan dengan menggunakan microsoft
excel dan tidak mempunyai sistem akuntansi yang tepat.
Nama perusahaan :Annabil Foundation
Jenis Usaha : Perdagangan
Periode Akuntansi : Januari – Desember
Tahun berjalan : 2011
Bulan Penggunaan : Januari
1. Dari
jendela strartup (seperti gambar diatas tadi) klik CREATE, maka akan muncul kotak dialog New Company File Assisdtant. Lanjutkan
dengan meilih Next.
2. Lanjutkan
proses pembuatan file data, dimana terdapat nama, alamat dan nomor telepon
perusahaan yang akan anda masukan datanya.
3. Selanjutnya
klik Next.
Akan muncul jendela untuk memasukkan informasi dasar akuntansi (tahun
pembukuan).
a. Current
Financial Year :
Tahun buku yang sedang berjalan
b. Last
Month of Financial Year :
Bulan tutup buku, yaitu bulan pelaporan tahunan
c. Conversion
Month :
Bulan awal tahun buku
d. Number
of Accounting Periode :
Banyaknya periode pelaporan
Sehingga untuk kasus di atas, tampilan
tersebut diisi sebagai berikut :
Current Financial Year
Last Month of Financial Year
Conversion Month
Number of Accounting Periods
|
2012
Desember
Januari
Threten
|
4.
Klik Next lagi untuk menentukan daftar
akun, terdapat 3 opsi untuk menentukan daftar akun:
a. I
would to start of with one of the list provided by MYOB Accounting, artinya
anda akan mengunakan akun yang sudah disediakan oleh MYOB.
b. I
would like to import a list of accounts provided by my accountant, artinya
anda akan mengimpor daftar-daftar akun yang telah anda miliki atau anda buat
sebelumnya dari source lain, misalnya dari Microsoft Excel.
c. I
would like to build my own account list, artinya anda ingin membuat
sendiri daftar akun pada MYOB.
Untuk sementara ini kita pilih pilihan yang
ketiga dan selanjutna klik Next. Akan tampil kotak dialog untuk
penyimpanan. Namun secara default, ada pilihan directory C:\Program Files untuk
menyimpan data anda. Namun anda dapat merubahnya sesuai denganlokasi
penyimpanan yang anda inginkan, yaitu dengan memilih Charge maka akan muncul kotak dialog seperti anda ingin menyimpan
sebuah file dimana anda dapat menentukan sendiri directory penyimpananya dan
nama filenya.
5. Selanjutnya klik Next. MYOB akan memproses
data yang yang diimput tadi menjadi sebuah file. Pada tahap ini anda tidak
dapat kembali lagi pada tahap sebelumnya karena anda sudah pernah diminta
konfirmasi sebelumnya dan berarti file data yang anda buat sudah fix.
Pilihan Setup
Asisstant memungkinkan MYOB menuntun anda untuk melakukan setup secara
otomatis. Pilihan Command Center adalah jendela dimana kita bisa memilih
modul-modul sesuai dengan jenis transaksi yang akan kita catat.
Ketika masuk ke jendela utama MYOB Accounting v.18
sehingga area kerja Para user akan mendapatkan 3 bagian utama dari jendela
utama ini:
Ø modul Command Center merupakan
pembagian dari kegiatan perushaan, terdiri dari 8 modul:
Accounts. Modul ini
digunakan untuk mencatat Jurnal Umum dan pengelolaan buku besar hingga
penyusunan chart of account.
Banking. Modul ini
digunakan untuk mencatat dan mengelola setiap transaksi yang berhubungan dengan
kas baik kas umum maupun kas dalam bentuk lainnya.
Sales. Modul ini
digunakan untuk mencatat dan mengelola catatan setiap transaksi dalam siklus
penjualan, seperti penjualan penagihan piutang dari penjualan, return penjualan
dan lainnya.
Time Billing. Modul ini
digunakan untuk mencatat informasi aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan
penagihan untuk pegawai, pemasok atau pelanggan.
Purchases. Modul ini
digunakan untuk mencatat dan mengelola catatan setiap transaksi dalam siklus
pembelian, seperti pembelian, pembayaran hutang dari pembelian, retur pembelian
dan lainnya.
Payroll. Modul yang
digunakan untuk mengatur daftar penggajian karyawan dan transaksi-transaksi
lain yang berkaitan dengan penggajian.
Inventory. Modul ini
digunakan untuk mengelola persediaan seperti penyesuaian hasil stock opname,
perakitan, barang dan lainnya.
Card File. Merupakan
modul untuk pengelolaan pihak yang terkait dengan perusahaan seperti pelanggan,
supplier, tenaga kerja dan lainnya.
Ø Command Button merupakan bagan alur
transaksi dari modul Command Center. Jadi setiap modul mempunyai command button
yang berbeda.
Ø Command Panel akan menampilkan hasil pengolahan
dari transaksi yang telah diinput, terdiri dari To Do List (tugas rutin), Find
Transaction (pencarian transaksi), Report
(laporan), Analysis (analisa
keuangan).
Sumber : http://anakkuliahanmasakini.blogspot.co.id
0 comments:
Post a Comment